Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
| Lokasi
   | SMK NEGERI 1 MAJENE | 
| Lingkup
  Pendidikan  | Sekolah Menengah Atas / Kejuruan | 
| Tujuan
  yang ingin dicapai | Meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi
  pembuatan desain gambar berbasis vektor.  | 
| Penulis
   | Sitti Aisyah | 
| Tanggal
   | 4 Desember 2022 | 
| Situasi:  Kondisi
  yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
  dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.  | Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah : 1. Saat guru menjelaskan materi tersebut, peserta didik kurang aktif sehingga kesulitan dalam memhami dan menerapkan konsep desain pada aplikasi yang digunakan. 2. Peserta didik kesulitan menuangkan ide yang ada didalam fikirannya untuk diterapkan dalam aplikasi Dari kedua poin diatas dapat disimpulkan bahwa pertama selama ini peserta didik terlihat kurang aktif dalam pembelajaran karena materi desain grafis yang sebagian besar bersifat abstrak yaitu materi berupa informasi yang tidak terlihat oleh panca indra dan mengandalkan logika berfikir hasil dari ketuntasan pemahaman dasar yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik. Kedua Pada proses pembelajaran materi yang bersifat abstrak dan membutuhkan logika berfikir yang baik, guru seringkali mengalami kesulitan untuk mentransfer pengetahuan dalam hal ini mendesain sebuah objek sehingga keaktifan peserta didik kurang. Ketiga selain dari sisi guru, pada sisi peserta didik juga seringkali mengalami kesulitan untuk memahami informasi dari materi yang bersifat logika dikarenakan pemahaman dasar kurang. Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya berfikir banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inpirasi bagi rekan guru lain. Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. | 
| Tantangan :  Apa
  saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
  terlibat, | Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur
  penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi
  pembuatan desain gambar berbasis vektor antara lain : 
 Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah 
 Dilihat dari keempat tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah keaktifan dan motivasi belajar. | 
| Aksi :  Langkah-langkah
  apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
  digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
  daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini  | Langkan_langkah
  yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain: 
 a.    Strategi
  yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih
  media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga
  sesuai karakteristik peserta didik, selain itu guru juga bisa memilih media
  pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian.  Disini guru memilih media pembelajaran menggunakan
  PPT dan Video pembelajaran untuk membantu kegiatan demonstrasi pada saat
  pembelajaran berlangsung b.   Proses
  pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat
  medianya, kemudian guru memilah-milah materi yang akan di berikan kepada
  peserta didik. c.    scratch
  sesuai rancangan atau desain. d.   Sumber
  daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain
  pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi ppt dan juga alat seperti
  komputer/laptop dan jaringan internet. 
 a.    Strategi
  yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan
  memahami karakteristirk peserta didik dan karakteristik materi Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan
  digunakan adalah Demosntrasi,
  Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi b.   Proses
  pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam
  pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat
  kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik. Lalu melihat karakteristik
  materi dengan mempelajari modul pembelajaran. c.   
  Sumber daya yang diperlukan
  dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan
  metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran. 
 a.    Strategi
  yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami
  karakteristik peserta didik dan karakteristik materi Disini guru memilih model pembelajaran PJBL b.   Proses
  pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam
  pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat
  kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik.  c.    Sumber
  daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain
  pemahaman/kompetensi guru akan Model Pembelajaran PJBL dan juga pemahaman
  guru akan materi pembelajaran 
 a.   
  Strategi yang dilakukan
  guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan merancang
  pembelajaran yang berpusat pada peserta didik Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang
  berpusat pada peserta didik b.  
  Proses pengembangan RPP
  yang dibuat berpusat pada peserta didik guru menentukan kegiatan-kegiatan apa
  saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran. c. Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. | 
| Refleksi Hasil dan dampak  Bagaimana
  dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
  efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?
  Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
  menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
  dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut  | Dampak
  dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan
  dapat dilihat dari 
 Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan. | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar