Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SMK NEGERI 1 MAJENE |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Menengah Atas / Kejuruan |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi
pembuatan desain gambar berbasis vektor. |
Penulis
|
Sitti Aisyah |
Tanggal
|
4 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah : 1. Saat guru menjelaskan materi tersebut, peserta didik kurang aktif sehingga kesulitan dalam memhami dan menerapkan konsep desain pada aplikasi yang digunakan. 2. Peserta didik kesulitan menuangkan ide yang ada didalam fikirannya untuk diterapkan dalam aplikasi Dari kedua poin diatas dapat disimpulkan bahwa pertama selama ini peserta didik terlihat kurang aktif dalam pembelajaran karena materi desain grafis yang sebagian besar bersifat abstrak yaitu materi berupa informasi yang tidak terlihat oleh panca indra dan mengandalkan logika berfikir hasil dari ketuntasan pemahaman dasar yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik. Kedua Pada proses pembelajaran materi yang bersifat abstrak dan membutuhkan logika berfikir yang baik, guru seringkali mengalami kesulitan untuk mentransfer pengetahuan dalam hal ini mendesain sebuah objek sehingga keaktifan peserta didik kurang. Ketiga selain dari sisi guru, pada sisi peserta didik juga seringkali mengalami kesulitan untuk memahami informasi dari materi yang bersifat logika dikarenakan pemahaman dasar kurang. Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya berfikir banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inpirasi bagi rekan guru lain. Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur
penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi
pembuatan desain gambar berbasis vektor antara lain :
Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah
Dilihat dari keempat tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah keaktifan dan motivasi belajar. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkan_langkah
yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:
a. Strategi
yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih
media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga
sesuai karakteristik peserta didik, selain itu guru juga bisa memilih media
pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian. Disini guru memilih media pembelajaran menggunakan
PPT dan Video pembelajaran untuk membantu kegiatan demonstrasi pada saat
pembelajaran berlangsung b. Proses
pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat
medianya, kemudian guru memilah-milah materi yang akan di berikan kepada
peserta didik. c. scratch
sesuai rancangan atau desain. d. Sumber
daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain
pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi ppt dan juga alat seperti
komputer/laptop dan jaringan internet.
a. Strategi
yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan
memahami karakteristirk peserta didik dan karakteristik materi Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan
digunakan adalah Demosntrasi,
Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi b. Proses
pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam
pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat
kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik. Lalu melihat karakteristik
materi dengan mempelajari modul pembelajaran. c.
Sumber daya yang diperlukan
dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan
metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
a. Strategi
yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami
karakteristik peserta didik dan karakteristik materi Disini guru memilih model pembelajaran PJBL b. Proses
pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam
pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat
kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik. c. Sumber
daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain
pemahaman/kompetensi guru akan Model Pembelajaran PJBL dan juga pemahaman
guru akan materi pembelajaran
a.
Strategi yang dilakukan
guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan merancang
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang
berpusat pada peserta didik b.
Proses pengembangan RPP
yang dibuat berpusat pada peserta didik guru menentukan kegiatan-kegiatan apa
saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran. c. Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak
dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan
dapat dilihat dari
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar