• LK 3.1 Best Practise Menggunakan Metode STAR, Desain Grafis X TKJ

    Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

    Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

     

    Lokasi

    SMK NEGERI 1 MAJENE

    Lingkup Pendidikan

    Sekolah Menengah Atas / Kejuruan

    Tujuan yang ingin dicapai

    Meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi pembuatan desain gambar berbasis vektor.

    Penulis

    Sitti Aisyah

    Tanggal

    4 Desember 2022

    Situasi:

    Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

     

    Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

    1. Saat guru menjelaskan materi tersebut, peserta didik kurang aktif sehingga kesulitan dalam memhami dan menerapkan konsep desain pada aplikasi yang digunakan.

    2. Peserta didik kesulitan menuangkan ide yang ada didalam fikirannya untuk diterapkan dalam aplikasi

    Dari kedua poin diatas dapat disimpulkan bahwa pertama selama ini peserta didik terlihat kurang aktif dalam pembelajaran karena materi desain grafis yang sebagian besar bersifat abstrak yaitu materi berupa informasi yang tidak terlihat oleh panca indra dan mengandalkan logika berfikir hasil dari ketuntasan pemahaman dasar yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik.

    Kedua Pada proses pembelajaran materi yang bersifat abstrak dan membutuhkan logika berfikir yang baik, guru seringkali mengalami kesulitan untuk mentransfer pengetahuan dalam hal ini mendesain sebuah objek sehingga keaktifan peserta didik kurang.

    Ketiga selain dari sisi guru, pada sisi peserta didik juga seringkali mengalami kesulitan untuk memahami informasi dari materi yang bersifat logika dikarenakan pemahaman dasar kurang.

    Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya berfikir banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inpirasi bagi rekan guru lain.

    Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik  bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

    Tantangan :

    Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

     

    Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi pembuatan desain gambar berbasis vektor antara lain :

     

    1. Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mengilustrasikan materi pelajaran.
    2. Metode - metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat membosankan dan kurang variatif
    3. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif
    4. Keaktifan peserta didik rendah / kurang.

    Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah

    1. pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik
    2. pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga peserta didik merasa tertarik dan antuasias dalam mengikuti pembelajaran
    3. pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesui dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik
    4. Guru harus bisa meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan

    Dilihat dari keempat tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah keaktifan dan motivasi belajar.

    Aksi :

    Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

     

    Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

    1. Pemilihan Media Pembelajaran

    a.    Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik peserta didik, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian.

    Disini guru memilih media pembelajaran menggunakan PPT dan Video pembelajaran untuk membantu kegiatan demonstrasi pada saat pembelajaran berlangsung

    b.   Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat medianya, kemudian guru memilah-milah materi yang akan di berikan kepada peserta didik.

    c.    scratch sesuai rancangan atau desain.

    d.   Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi ppt dan juga alat seperti komputer/laptop dan jaringan internet.

    1. Pemilihan Metode Pembelajaran yang variatif

    a.    Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk peserta didik dan karakteristik materi

    Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Demosntrasi, Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi

    b.   Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari modul pembelajaran.

    c.    Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

    1. Pemilihan Model Pembelajaran

    a.    Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi

    Disini guru memilih model pembelajaran PJBL

    b.   Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik.

    c.    Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan Model Pembelajaran PJBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran

    1. Meningkatkan keaktifan peserta didik

    a.    Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

    Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada peserta didik

    b.   Proses pengembangan RPP yang dibuat berpusat pada peserta didik guru menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran.

    c.    Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.

    Refleksi Hasil dan dampak

    Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

     

    Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

    1. Penggunaam Media berbasis PPT dan Video ini sangat membantu pemahaman peserta didik akan konsep yang abstrak tentang materi desain gambar berbasis vektor dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik di atas KKM.
    2. Pemilihan Metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari kegiatan peserta didik saat pembelajaran
    3. Pemilihan  Model pembelajaran PJBL menumbuhkan keaktifan peserta didik terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan saat pembelajaran
    4. Desain kegiatan yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar.

    Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

    Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

    Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

     

     

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar